Header Ads Widget

Domain, Hosting dan Keinginan Punya Website sendiri

Pada zaman dahulu kala….

Sekilas kata-kata ini akan kita ingat ketika anak-anak nonton tipi yang menceritakan dongeng binatang yang menggambarkan sifat-sifat masing-masing binatang yang ternyata itu adalah perwakilan dari kelakukan manusia pada umumnya, dimana biasanya di ceritakan tentang kelicikan ular dan srigala, kecerdikan kancil dan siput juga kebijaksanaan tupai…

Nah itu sekilas cerita pengantar saja ketika akan tidur dan kita akan mematikan lampu di rumah kita.

Nah bagaimana proses lampu itu hidup, tentu saja kita beli lampunya secara fisik, kemudian kita pasang dan kita sambungkan ke aliran listrik yang dayanya kita beli dari PLN.

Nah dari sekilas cerita tentang lampu itu maka akan saya analogikan dengan bahasan kita kali ini tentang website. Anak-anak zaman milenial sekarang sudah pasti taulah apa itu website seperti www.facebook.com, www.google.com dan lainnya, namun ternyata tidak semua  mengetahui bagaimana proses nama website tadi bisa di akses / buka oleh pengguna. Nah mari kita kupas sedikit disini, dan tulisan ini hanya di peruntukkan untuk orang awam, untuk para expert mohon maaf kalau salah mampir kesini.

Mari kita analogikan/umpamakan.

 

www.google.com >>>> nama domain ini kita anggap adalah sebuah lampu.

Jikalau nama domain ini (lampu) belum kita colokkan ke PLN nya maka dia tidak akan bisa hidup. Dalam dunia intenet PLN itu dinamakan Hosting (tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet. Agar website kita bisa online di dunia maya, maka tentu website kita membutuhkan layanan hosting)

Begitulah simpelnya.

Jadi kesimpulannya.

NAma domain (misal; https://www.ilmumigas.com/) adalah sebuah lampu

Dan Hostingnya adalah PLN.

 

Nah apabila anda ingin memiliki sebuah domain anda bisa mendapatkannya di tempat layanan-layanan yang tersebar menjual domain di internet. Misal anda bisa mendapatkannya di SINI, atau bisa berseluncur ke tempat lainnya seperti di SANA.

Pada Umumnya rata-rata provider akan menyediakan layanan domain dan hostingnya secara bersamaan atau anda bisa membelinya masing-masing sesuai kebutuhan anda.

Nah Sobat ilmu migas demikian sekilas penjelasan singkat mengenai domain dan hosting, anda tertarik punya website sendiri, silahkan mencoba.

Post a Comment

0 Comments